TRAINING ONLINE TEKNIK PENINGKATAN KUALITAS

TRAINING ONLINE TEKNIK PENINGKATAN KUALITAS

training

kaizen event

DESKRIPSI TRAINING WEBINAR QUALITY IMPROVEMENT TECHNIQUE

Perbaikan kualitas menjadi inisiatif strategi penting dalam meningkatkan daya saing bisnis. Beberapa pendekatan dan metodologi perbaikan kualitas telah dikembangkan, seperti Kaizen, Deming Cycle, dan Six Sigma. Banyak organisasi menerapkan pendekatan kaizen dalam perbaikan kualitas untuk memecahkan permasalahan yang paling urgent. Umumnya pendekatan kaizen menggunakan metodologi yang terstruktur dalam proses perbaikan kualitas sesuai langkah-langkah sebagai berikut: Mendefinisikan dan menganalisis masalah, Mengembangkan ide dan alternatif solusi masalah, Mengevaluasi ide dan memilih solusi alternatif terbaik, Melaksanakan solusi masalah.

Perbaikan kualitas dengan menggunakan pendekatan kaizen dengan memanfaatkan pertemuan tim perbaikan kualitas, yang dikenal dengan kaizen event atau sering disebut juga dengan kaizen blitz. Umumnya dalam kaizen event ini melibatkan semua anggota organisasi dari berbagai unit atau divisi yang mewakili berbagai tingkatan organisasi, mulai dari staf, supervisor, manajer, sampai kepada direksi.

Tidak menjadi masalah pendekatan dan metodologi apa yang digunakan dalam quality improvement. Untuk dapat melakukan perbaikan kualitas, kita perlu mengetahui kinerja kualitas produk atau layanan saat ini, melakukan pengukuran kinerja kualitas secara periodik, mencari akar penyebab sumber masalah kualitas, dan melakukan perbaikan kualitas secara konsisten dan berkelanjutan.

Tuntutan konsumen terhadap kemampuan produk dalam memuaskannya dan tuntutan produsen dalam biaya produksi selalu dalam posisi trade off. Mengorbankan kwalitas seringkali menjadi bumerang bagi produsen yang bisa secara lansung “bunuh diri”. Konsumen adalah “dewa” bagi produsen yang harus dipuaskan dan di prioritaskan, untuk diperlukan tools untuk mengendalikan kwalitas tersebut agar terjadi simbiosis mutualisme di antara kepentingan kedua belah pihak.

Dalam training ini akan di bahas mengenai tools manajemen kualitas yang aplikatif, sehingga peserta diharapkan mampu mengaplikasikan tools tersebut di lapangan

Menimbang cukup kompleknya materi pelatihan Quality Improvement Technique ini bagi peserta, dibutuhkan training provider yang berpengalaman di bidangnya agar tidak membuat peserta tidak menjadi cepat bosan dan jenuh dalam mendalami bidang teknik ini.

TUJUAN TRAINING TECHNIQUE UNTUK PRAKERJA

Dengan mengikuti pelatihan Quality Improvement Technique Peserta dapat berbagi pengetahuan / sharing knowledge mengenai Quality Improvement Technique dengan peserta dari perusahaan lain yang bergerak di bidang Quality Improvement Technique.

MARERI pelatihan Quality Improvement Technique online Zoom

1. Konsep kualitas dalam industri manufaktur dan jasa

a. Dimensi kualitas pada manufacture

– Pertunjukan

– Fitur

– Keandalan

– Konferensi

– Daya Tahan

– Kemampuan melayani

– Estetis

– Persepsi

b. Dimensi kualitas pada jasa

– Komunikasi

– Kredibilitas

– Keamanan

– Mengetahui pelanggan

– Keandalan

– Benda Berwujud

– Daya tanggap

– Kompetensi

– Akses

– Courtesy

2. Biaya Kualitas

a. Paradigma lama versus paradigma baru

b. Biaya untuk menciptakan produk berkwalitas

– Biaya pencegahan (prevention cost)

– Biaya penilaian (appraisal cost)

c. Biaya yang harus dikeluarkan karena produk cacat

– Biaya kegagalan internal (internal failure cost)

– Biaya kegagalan eksternal (external failure cost)

d. Biaya kualitas versus nilai kualitas

3. Quality Improvement Technique

– Pareto diagram

– Matrix Analysis

– Grier Diagram

– Time series

– Cause – and effect diagram

– Check sheet

– Histogram

– Process capability

– Control chart

– Scatter diagram

– Run chart

– Process flow chart

4. Studi Kasus / Praktek pemecahan masalah Quality Improvement Technique

METODE pelatihan Technique online Zoom

Metode Training Quality Improvement Technique dapat menggunakan fasilitas training zoom atau training online, dan bisa juga training offline atau training tatap muka.

INSTRUKTUR pelatihan Improvement online Zoom

Instruktur yang mengajar pelatihan Quality Improvement Technique ini adalah instruktur yang berkompeten di bidang Quality Improvement Technique baik dari kalangan akademisi maupun praktisi.

PESERTA

Peserta yang dapat mengikuti training Quality Improvement Technique ini adalah staff sdm atau karyawan yang ingin mendalami bidang Quality Improvement Technique.

Karena kompleksnya pelatihan ini, maka dibutuhkan pendalaman yang lebih komprehensif melalui sebuah training. Dan menjadi sebuah kebutuhan akan training provider yang berpengalaman di bidangnya agar tidak membuat peserta menjadi cepat bosan dan jenuh dalam mendalami bidang teknik ini.

Jadwal Pelatihan Casa Training 2024 :

batch 1 : 24 – 25 Januari 2024
batch 2 : 14 – 15 Februari 2024
batch 3 : 19 – 20 Maret 2024
batch 4 : 24 – 25 April 2024
batch 5 : 14 – 15 Mei 2024
batch 6 : 12 – 13 Juni 2024
batch 7 : 23 – 24 Juli 2024
batch 8 : 20 – 21 Agustus 2024
batch 9 : 11 – 12 September 2024
batch 10 : 8 – 9 Oktober 2024
batch 11 : 19 – 20 November 2024
batch 12 : 5 – 7 Desember 2024

Lokasi Training Offline atau Online :

1. Yogyakarta

2. Jakarta

3. Bandung

4. Bali

5. Surabaya

6. Lombok

7. Online via Zoom
Catatan : Apabila perusahaan membutuhkan paket in house training, anggaran investasi pelatihan dapat menyesuaikan dengan anggaran perusahaan.

Fasilitas Training Offline atau Online :

Negotiable / by request