TRAINING ONLINE PENGELOLAAN PASCA PANEN PENGOLAHAN PRODUK

TRAINING ONLINE PENGELOLAAN PASCA PANEN PENGOLAHAN PRODUK

TRAINING ONLINE PENGELOLAAN PASCA PANEN PENGOLAHAN PRODUK

TRAINING ONLINE PENGELOLAAN PASCA PANEN PENGOLAHAN PRODUK

 

DESKRIPSI TRAINING ONLINE PENGELOLAAN PASCA PANEN PENGOLAHAN PRODUK

Program Corporate Social Responsibility (CSR) dan Community development merupakan investasi jangka panjang yang berguna untuk meminimalisasi risiko sosial, serta berfungsi sebagai sarana meningkatkan citra perusahaan di mata publik. Salah satu implementasi program CSR adalah dengan pengembangan atau pemberdayaan masyarakat (Community Development). Agar program ini sukses, maka diperlukan konsep, panduan Program CSR beserta strategi penerapan.

Salah satu pendekatan dalam pengembangan pemberdayaan masyarakat adalah dengan pendekatan value chain (rantai nilai). Pendekatan ini dinilai sukses dan sudah banyak diterapkan di berbagai negara di dunia. Rantai nilai adalah sebuah rangkaian proses produktif mulai dari penyedia input dari suatu produk, produksi, pemasaran dan distribusi hingga ke konsumen akhir. Pendekatan ini secara sistematis memperhitungkan keseluruhan tahapan dari proses produksi dan juga analisis dari berbagai keterkaitan dan aliran informasi sepanjang rantai nilai. Keunggulan pendekatan rantai nilai yaitu prosesnya bersifat partisipatif dan melibatkan stakeholder dalam penentuan produk yang akan dikembangkan .

Kegiatan ini akan memilih tema peningkatan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat melalui budidaya pertanian organic dengan pendekatan value chain. Diharapkan dengan kegiatan ini masyarakat memiliki pengetahuan dan best practice tentang bagaimana memberdayakan potensi local dengan pertanian organic mulai dari cara budidaya, pemupukan, pasca panen dan marketingnya.

Corporate Social Responsibility (“CSR”) atau yang menurut peraturan perundang-undangan dikenal dengan istilah tanggung jawab sosial dan lingkungan adalah komitmen Perseroan Terbatas (“PT”) untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat,

Value Chain Analysis adalah proses di mana sebuah perusahaan mengidentifikasi kegiatan utama dan bantuan yang menambah nilai produk, kemudian menganalisisnya untuk mengurangi biaya atau meningkatkan diferensiasi.

pertanian organik didefinisikan sebagai sistern pertanian yang mendorong kesehatan tanah dan tanaman melalui berbagai praktek seperti pendaur ulangan unsur hara dan bahan‒bahan organik, rotasi tanaman, pengolahan tanah yang tepat serta menghindarkan penggunaan pupuk dan pestisida sintetik

Menimbang cukup kompleknya materi pelatihan Program CSR: Peningkatan Perekonomian dan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Budidaya Pertanian Organic Dengan Pendekatan Value C ini bagi peserta, dibutuhkan training provider yang berpengalaman di bidangnya agar tidak membuat peserta tidak menjadi cepat bosan dan jenuh dalam mendalami bidang teknik ini.

TUJUAN TRAINING ONLINE PENGELOLAAN PASCA PANEN PENGOLAHAN PRODUK

Dengan mengikuti pelatihan Program CSR: Peningkatan Perekonomian dan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Budidaya Pertanian Organic Dengan Pendekatan Value C Peserta dapat berbagi pengetahuan / sharing knowledge mengenai Program CSR: Peningkatan Perekonomian dan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Budidaya Pertanian Organic Dengan Pendekatan Value C dengan peserta dari perusahaan lain yang bergerak di bidang Program CSR: Peningkatan Perekonomian dan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Budidaya Pertanian Organic Dengan Pendekatan Value C .

MATERI :

1. Budidaya pertanian pangan dan sayuran organik dan Pengembangan sumber pangan lokal secara organic.

2. Pemasaran hasil pertanian.

3. Pengembangan Sarana Produksi Pertanian, pupuk dan pestisida Organik.

4. Pengelolaan pasca panen Pengolahan produk hasil pertanian.

5. Studi Kasus / Praktek pemecahan masalah Program CSR: Peningkatan Perekonomian dan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Budidaya Pertanian Organic Dengan Pendekatan Value C

METODE :

Presentasi, Diskusi , Brainstorming, Case Study,Praktek

Metode Training Program CSR: Peningkatan Perekonomian dan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Budidaya Pertanian Organic Dengan Pendekatan Value C dapat menggunakan fasilitas training zoom atau training online, dan bisa juga training offline atau training tatap muka.

INSTRUKTUR :

Instruktur yang mengajar pelatihan Program CSR: Peningkatan Perekonomian dan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Budidaya Pertanian Organic Dengan Pendekatan Value C ini adalah instruktur yang berkompeten di bidang Program CSR: Peningkatan Perekonomian dan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Budidaya Pertanian Organic Dengan Pendekatan Value C baik dari kalangan akademisi maupun praktisi.

PESERTA

Manajer dan staff public relations, corporate secretary, corporate communications atau karyawan lain yang menjalankan fungsi public relations untuk menjaga citra perusahaan dan produknya. Staff CSR dan COMDEV

Peserta yang dapat mengikuti training Program CSR: Peningkatan Perekonomian dan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Budidaya Pertanian Organic Dengan Pendekatan Value C ini adalah staff sdm atau karyawan yang ingin mendalami bidang Program CSR: Peningkatan Perekonomian dan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Budidaya Pertanian Organic Dengan Pendekatan Value C .

Karena kompleksnya pelatihan ini, maka dibutuhkan pendalaman yang lebih komprehensif melalui sebuah training. Dan menjadi sebuah kebutuhan akan training provider yang berpengalaman di bidangnya agar tidak membuat peserta menjadi cepat bosan dan jenuh dalam mendalami bidang teknik ini.

Jadwal Pelatihan Casa Training 2024 :

batch 1 : 24 – 25 Januari 2024
batch 2 : 14 – 15 Februari 2024
batch 3 : 19 – 20 Maret 2024
batch 4 : 24 – 25 April 2024
batch 5 : 14 – 15 Mei 2024
batch 6 : 12 – 13 Juni 2024
batch 7 : 23 – 24 Juli 2024
batch 8 : 20 – 21 Agustus 2024
batch 9 : 11 – 12 September 2024
batch 10 : 8 – 9 Oktober 2024
batch 11 : 19 – 20 November 2024
batch 12 : 10 – 11 Desember 2024

Lokasi Training Offline atau Online :

1. Yogyakarta

2. Jakarta

3. Bandung

4. Bali

5. Surabaya

6. Lombok

7. Online via Zoom
Catatan : Apabila perusahaan membutuhkan paket in house training, anggaran investasi pelatihan dapat menyesuaikan dengan anggaran perusahaan.

Fasilitas Training Offline atau Online :

Negotiable / by request