TRAINING ONLINE HANDLING CUSTOMER COMPLAINT

TRAINING ONLINE HANDLING CUSTOMER COMPLAINT

TRAINING ONLINE HANDLING CUSTOMER COMPLAINT

TRAINING ONLINE HANDLING CUSTOMER COMPLAINT

 

DESKRIPSI TRAINING ONLINE HANDLING CUSTOMER COMPLAINT

Customer Satisfaction merupakan tujuan utama dalam pelayanan prima ke

pelanggan. Peningkatan kualitas layanan seharusnya secara kontinyu

diupayakan oleh seluruh karyawan. Salah satu faktor dalam peningkatan

kepuasan pelanggan adalah penanganan komplain pelanggan (Handling

Customer Complaint). Untuk mengembangkan organisasi yang berorientasi

pada kepuasan pelanggan (Service Excellence), keterampilan menangani

komplain pelanggan merupakan keterampilan yang sangat penting.

Training ini akan membahas tentang ketrampilan, teknik dan metode

dalam menangani komplain pelanggan secara efisien dan efektif.

Keluhan pelanggan (customer complaint) adalah umpan balik (feedback) dari pelanggan yang ditujukan kepada perusahaan yang cenderung bersifat negatif. Umpan balik ini dapat dilakukan secara tertulis atau secara lisan

Handling Complaint adalah teknik penangan atau mengelola keluhan nasabah dengan cepat, tepat dan memuaskan.

Handling Customer Complaint Memiliki keahlian dalam menerapkan tehnik-interaksi teknis dan komunikasi efektif dalam proses memberikan pelayanan kepada pelanggan, termasuk tehnik penyelesaian keluhan pelanggan.

Menimbang cukup kompleknya materi pelatihan Handling Customer Complaint ini bagi peserta, dibutuhkan training provider yang berpengalaman di bidangnya agar tidak membuat peserta tidak menjadi cepat bosan dan jenuh dalam mendalami bidang teknik ini.

TUJUAN TRAINING ONLINE HANDLING CUSTOMER COMPLAINT

Setelah mengikuti training ini, diharapkan peserta mampu memahami

sistem dan prosedur penanganan komplain, pola pikir positif dalam

menangani komplain pelanggan, memahami tindakan dalam menangani

komplain pelanggan dan mengevaluasi dan meningkatkan sistem penanganan

komplain.

Dengan mengikuti pelatihan Handling Customer Complaint Peserta dapat berbagi pengetahuan / sharing knowledge mengenai Handling Customer Complaint dengan peserta dari perusahaan lain yang bergerak di bidang Handling Customer Complaint .

MATERI pelatihan Menangani Keluhan Pelanggan online Zoom :

1. Mengenali Harapan dan Emosi Pelanggan

* Perbedaan kebutuhan emosional dan rasional pelanggan

* Tahap-tahap dalam emosi pelanggan

* Tipe-tipe pelanggan yang menantang

2. Pemahaman Tentang Komplain

* Pengertian komplain dan manfaat komplain

* Kapan komplain terjadi dan dimana

* Komplain dan sikap pelanggan

* Dampak dari kegagalan menangani komplain

3. Mengenali Penyebab-penyebab Komplain

4. Langkah-langkah Penanganan Komplain

* Menurunkan emosi negatif

* Mendengarkan secara reflektif

* Menunjukkan empati dengan pemilihan kalimat yang positif

* Mengambil tindakan penyelesaian komplain, termasuk bagaimana

mengatakan ‘tidak’ dengan positif

* Menutup interaksi secara positif

* Tindak lanjut, pastikan kepuasan pelanggan dan tinggalkan kesan

yang menyenangkan

5. Sistem Penanganan Keluhan Pelanggan (Handling Customer Complaint)

* Menyambut komplain

* Memudahkan pelanggan untuk komplain

* Menangani komplain secara cepat

* Mendisain kebijakan dan prosedur penanganan komplain yang

mendukung penyelesaian komplain secara cepat dan efisien

* Melatih dan memberdayakan staff

* Mencatat komplain

* Mengkomunikasikan informasi tentang komplain

6. Communication and Interpersonal Skill dalam Menghadapi Komplain

7. Studi kasusÂ

8. Studi Kasus / Praktek pemecahan masalah Handling Customer Complaint

METODE pelatihan Komplain dan sikap pelanggan online Zoom :

Presentation

Discussion

Case Study

Evaluation

Metode Training Handling Customer Complaint dapat menggunakan fasilitas training zoom atau training online, dan bisa juga training offline atau training tatap muka.

INSTRUKTUR pelatihan Menangani komplain secara cepat online Zoom :

Instruktur yang mengajar pelatihan Handling Customer Complaint ini adalah instruktur yang berkompeten di bidang Handling Customer Complaint baik dari kalangan akademisi maupun praktisi.

PESERTA

Semua karyawan yang berhubungan dengan pelayanan ke pelanggan

Peserta yang dapat mengikuti training Handling Customer Complaint ini adalah staff sdm atau karyawan yang ingin mendalami bidang Handling Customer Complaint .

Karena kompleksnya pelatihan ini, maka dibutuhkan pendalaman yang lebih komprehensif melalui sebuah training. Dan menjadi sebuah kebutuhan akan training provider yang berpengalaman di bidangnya agar tidak membuat peserta menjadi cepat bosan dan jenuh dalam mendalami bidang teknik ini.

Jadwal Pelatihan Casa Training 2024 :

batch 1 : 24 – 25 Januari 2024
batch 2 : 14 – 15 Februari 2024
batch 3 : 19 – 20 Maret 2024
batch 4 : 24 – 25 April 2024
batch 5 : 14 – 15 Mei 2024
batch 6 : 12 – 13 Juni 2024
batch 7 : 23 – 24 Juli 2024
batch 8 : 20 – 21 Agustus 2024
batch 9 : 11 – 12 September 2024
batch 10 : 8 – 9 Oktober 2024
batch 11 : 19 – 20 November 2024
batch 12 : 10 – 11 Desember 2024

Lokasi Training Offline atau Online :

1. Yogyakarta

2. Jakarta

3. Bandung

4. Bali

5. Surabaya

6. Lombok

7. Online via Zoom
Catatan : Apabila perusahaan membutuhkan paket in house training, anggaran investasi pelatihan dapat menyesuaikan dengan anggaran perusahaan.

Fasilitas Training Offline atau Online :

Negotiable / by request