TRAINING SOP FOR BANKS

TRAINING SOP FOR BANKS

TRAINING SOP FOR BANKS

DESKRIPSI REGULER TRAINING SOP FOR BANKS

Kurangnya pelatihan tentang teknik dan metode penulisan SOP menjadi penyebab para Penyusun/ Penulis SOP tidak memahami dengan benar bagaimana membuat SOP yang efektif. SOP yang dapat diartikan sebagai Who Does What and How merupakan salah satu metode kerja yang dibuat sebagai panduan untuk memastikan bahwa proses bisnis berjalan sesuai rencana, standar dan aturan untuk kepuasan pelanggan baik internal maupun eksternal. SOP yang mudah dipahami terbukti meningkatkan produktifitas kerja dan dapat meningkatkan hubungan kerja yang harmonis antar bagian/ proses. Namun, apabila SOP tidak mudah dipahami dan menimbulkan multi tafsir dapat membuat kesalahan kerja dan pada akhirnya merugikan pelanggan.
Keefektifan sebuah SOP dapat dilihat dari:

a) sejauh mana ia digunakan dan memberi nilai tambah

b) sejauh mana ia digunakan dan dapat menyamakan persepsi antar bagian/departemen

c) sejauh mana ia dapat berfungsi sebagai pengendali dan pemantau kinerja proses.

Apabila SOP ditempat kerja anda tidak demikian, anda wajib meninjau ulang SOP atau bahkan menulis ulang SOP yang ada.

Pelatihan yang membahas mengenai SOP Bank tidak tuntas jika dipelajari dalam hitungan jam, diperlukan waktu tersendiri dan bimbingan yang profesional.

TUJUAN TRAINING TATAP MUKA SOP PERBANKAN TERBAIK

  • Meningkatkan Efisiensi Operasional: Memastikan peserta mampu merancang SOP yang meminimalkan waktu dan sumber daya.
  • Kepatuhan Regulasi: Menyediakan pemahaman mendalam tentang kepatuhan regulasi perbankan yang relevan.
  • Peningkatan Kualitas Pelayanan: Memperbaiki SOP untuk meningkatkan kualitas layanan dan kepuasan nasabah.
  • Penanganan Risiko yang Lebih Baik: Mempelajari cara menyusun SOP untuk mengidentifikasi dan mengelola risiko dengan lebih efektif.
  • Peningkatan Kolaborasi Tim: Mengembangkan keterampilan kolaborasi dalam menyusun SOP agar sesuai dengan kebutuhan dan tujuan bersama.

Dengan mengikuti pelatihan SOP Perbankan Terbaik ini, diharapkan peserta lebih dapat mendalami pengetahuan mengenai SOP For Banks.

Materi Diklat SOP Bank Pasti Running Murah

  1. Apa bedanya Prosedur dengan SOP, Istruksi Kerja, Pedoman Kerja, Protap, Juklak, Juknis, User/operating manual dll?
  2. Bagaimana membedakan dan membuat Pedoman dan Panduan?
  3. Mengapa Prosedur Penulisan Prosedur harus dibuat terlebih dahulu, dan bagaimana membuatnya?
  4. Bagaimana membuat Prosedur berbasis Proses?
  5. Mengapa SOP Teknis sudah tidak disyaratkan lagi oleh ISO 9000, dan apakah 6 Prosedur manajemen yang diwajibkan?
  6. Bagaimana mengantisipasi Prosedur yang dinamis oleh karena Peraturan Bank Indonesia yang sering bertambah dan berubah?
  7. Bagaimana membuat hirarki dokumen dari PBI hingga Prosedur dan Instruksi kerja?
  8. Apakah 3 anatomi SOP yang mendasar (Format, Elemen dan Atribut)?
  9. Mengapa SOP tidak boleh dibuat atas dasar ”Write what you do”?
  10. Bagaimana merubah fungsi SOP sebagai alat pandu menjadi alat pandu dan alat ukur, alat kendali, alat audit, alat reward and punish?
  11. Bagaimana membuat SOP dengan dua macam profil pengguna (Pemula dan Ahli)?
  12. Kapan harus menambahkan masa berlaku SOP?
  13. Mengapa Flowchart tidak dimulai dengan ”Start” atau ”Mulai”?
  14. Bagaimana mengintegrasikan SOP dengan Risk Management, Key Performance Indicator dan Service Level Agreement?
  15. Mengapa kebanyakan Penulis hanya menggunakan format Narration dan Flowchart, dan tidak tahu bahwa Anotated Pictorial atau Video sering kali lebih efektif?
  16. Bagaimana mengendalikan SOP dengan Document control dan Master lists?
  17. Mengapa SOP yang dibuat berbasis Struktur dan Uraian Kerja tidak sehandal apabila dibuat berbasis Process Business Map?
  18. Mengapa SOP harus berbatas waktu (SOP Lifecycle)?
  19. Bilamana SOP diberi tanda (distempel) ”Controlled”, ”Uncontrolled”, ”Archieved” atau ”Obsolete”?

Peserta Pelatihan Standar Operasional Prosedur Bank Webinar Murah

Training Standar Operasional Prosedur Bank ini sangat cocok untuk diikuti peserta dari kalangan :

  • Staf Operasional Bank
  • Manajer Cabang
  • Ahli Keuangan
  • Auditor Internal
  • Pegawai Layanan Nasabah

Instruktur Training Offline SOP For Banks Pasti Running

Training SOP Bank yang diselenggarakan, akan dilatih oleh instruktur yang berpengalaman dalam bidang SOP Perbankan Terbaik :

Instruktur yang mengajar pelatihan SOP For Banks ini adalah instruktur yang berkompeten di bidang SOP For Banks ini baik dari kalangan akademisi maupun praktisi.

JADWAL PELATIHAN CASA TRAINING 2024 :

· batch 1 : 24 – 25 Januari 2024

· batch 2 : 14 – 15 Februari 2024

· batch 3 : 19 – 20 Maret 2024

· batch 4 : 24 – 25 April 2024

· batch 5 : 14 – 15 Mei 2024

· batch 6 : 12 – 13 Juni 2024

· batch 7 : 23 – 24 Juli 2024

· batch 8 : 20 – 21 Agustus 2024

· batch 9 : 11 – 12 September 2024

· batch 10 : 8 – 9 Oktober 2024

· batch 11 : 19 – 20 November 2024

· batch 12 : 10 – 11 Desember 2024

Peluang terbatas! Daftarkan dirimu hari ini untuk mengubah hidupmu ke arah yang lebih baik.

LOKASI Training Standar Operasional Prosedur Bank (Online – Offline) :

1. Yogyakarta

2. Jakarta

3. Bandung

4. Bali

5. Surabaya

6. Lombok

7. Online via Zoom

Catatan : Apabila perusahaan membutuhkan paket in house training, anggaran investasi pelatihan dapat menyesuaikan dengan anggaran perusahaan.

FASILITAS Training Standar Operasional Prosedur Bank Offline :

Negotiable / by request