TRAINING ONLINE SUPPLIER PERFORMANCE ASSESMENT AND TOTAL COST OF OWNERSHIP ANALYSIS

TRAINING ONLINE SUPPLIER PERFORMANCE ASSESMENT AND TOTAL COST OF OWNERSHIP ANALYSIS

TRAINING ONLINE SUPPLIER PERFORMANCE ASSESMENT AND TOTAL COST OF OWNERSHIP ANALYSIS

TRAINING ONLINE SUPPLIER PERFORMANCE ASSESMENT AND TOTAL COST OF OWNERSHIP ANALYSIS

DESKRIPSI TRAINING ONLINE SUPPLIER PERFORMANCE ASSESMENT AND TOTAL COST OF OWNERSHIP ANALYSIS

Supplier adalah pihak perorangan atau perusahaan yang memasok atau menjual bahan mentah ke pihak lain, baik itu ke perorangan atau perusahaan agar bisa dijadikan produk barang atau jasa yang matang.

Pemilihan supplier yang tepat merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam proses pengadaan barang. Kriteria pemilihan supplier tidak hanya difokuskan pada biaya yang paling murah, namun juga pada beberapa kriteria lain yang mendukung tercapainya tujuan pengadaan. Dalam pandangan sistem pengadaan modern, supplier dipandang sebagai mitra kerja yang turut berpartisipasi dalam pencapaian tujuan perusahaan.Tugas bagian pengadaan adalah melakukan penilaian kinerja supplier (Supplier Performance Assessment) secara objective dan komprehensif dengan mempertimbangkan semua kriteria yang relevan. Salah satu kriteria yang secara mendalam akan dibahas adalah konsep Total Cost of Ownership (sering juga disebut Lyfe cycle cost analysis) dalam pemilihan supplier. Total Cost of Ownership merupakan analisis ekonomi dari sebuah alat (equipment) atau fasilitas dengan mempertimbangkan semua biaya yang muncul selama umur hidup kepemilikan dari alat/equipment tersebut,tidak hanya harga beli tetapi juga

biaya pemeliharaan, penggantian, biaya disposal dll. Total cost of ownership menjadi konsep penting karena dalam pemilihan supplier biasanya yang dipakai sebagai kriteria utama adalah harga beli (purchasing cost) yang pada kenyataannya hanya merupakan bagian dari total biaya sebuah alat/equipment. Dengan kata lain dapat dinyatakan bahwa harga penawaran yang murah dari supplier belum tentu merupakan pilihan terbaik bila dilihat dari keseluruhan biaya yang harus ditanggung oleh pembeli.

Pengukuran kinerja supplier menjadi salah satu faktor yang penting karena merupakan salah satu strategi perusahaan untuk bersaing dengan perusahaan lain dalam hal kepuasan service level perusahaan tersebut dalam memenuhi permintaan konsumen.

Kriteria yang dinilai meliputi kualitas, harga, pengiriman, pelayanan, kemampuan keuangan, kemampuan teknik, dan kemampuan manajemen.

TCO adalah singkatan dari “Total Cost of Ownership”, yaitu perkiraan semua biaya langsung dan tidak langsung yang berkaitan dengan sebuah aset atau teknologi selama siklus hidupnya.

Menimbang cukup kompleknya materi pelatihan Supplier Performance Assesment and Total Cost of Ownership Analysis ini bagi peserta, dibutuhkan training provider yang berpengalaman di bidangnya agar tidak membuat peserta tidak menjadi cepat bosan dan jenuh dalam mendalami bidang teknik ini.

TUJUAN TRAINING ONLINE SUPPLIER PERFORMANCE ASSESMENT AND TOTAL COST OF OWNERSHIP ANALYSIS

* Peserta dapat merumuskan kriteria yang relevan dalam penilaian kinerja supplier (Supplier Performance Assesment).

* Peserta dapat merumuskan metode terbaik dalam pemilihan supplier berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan

* Peserta dapat mengaplikasikan konsep total biaya kepemilikan (total cost of ownership) dalam pemilihan supplier

Dengan mengikuti pelatihan Supplier Performance Assesment and Total Cost of Ownership Analysis Peserta dapat berbagi pengetahuan / sharing knowledge mengenai Supplier Performance Assesment and Total Cost of Ownership Analysis dengan peserta dari perusahaan lain yang bergerak di bidang Supplier Performance Assesment and Total Cost of Ownership Analysis .

MATERI pelatihan Penilaian Kinerja Pemasok dan Analisis Biaya Total Kepemilikan online Zoom :

1. Strategi Pengadaan yang efektif

2. Value engineering dalam pengadaan: Teknik dalam mengefisiensikan cost

3. Evaluasi dan monitoring supplier dengan pengukuran Key performance Indicator (KPI) supplier

4. Metode Pemilihan supplier dengan Teknik Multi Criteria Decision Making (MCDM)

5. Konsep dasar Total cost of ownership

6. Cost Estimation Methods & Time value of money

7. Prosedur Total cost of ownership

8. Case study Supplier Performance Assesment dan Total cost of ownership

9. Studi Kasus / Praktek pemecahan masalah Supplier Performance Assesment and Total Cost of Ownership Analysis

METODE pelatihan Evaluasi dan monitoring supplier online Zoom :

Presentasi, Diskusi , Brainstorming, Case Study,Evaluasi

Metode Training Supplier Performance Assesment and Total Cost of Ownership Analysis dapat menggunakan fasilitas training zoom atau training online, dan bisa juga training offline atau training tatap muka.

INSTRUKTUR pelatihan Cost Estimation Methods online Zoom :

Instruktur yang mengajar pelatihan Supplier Performance Assesment and Total Cost of Ownership Analysis ini adalah instruktur yang berkompeten di bidang Supplier Performance Assesment and Total Cost of Ownership Analysis baik dari kalangan akademisi maupun praktisi.

PESERTA

Program ini dirancang untuk manajer,supervisor maupun staff bagian pengadaan dan semua yang terkait dengan proses pengadaan.

Peserta yang dapat mengikuti training Supplier Performance Assesment and Total Cost of Ownership Analysis ini adalah staff sdm atau karyawan yang ingin mendalami bidang Supplier Performance Assesment and Total Cost of Ownership Analysis .

Karena kompleksnya pelatihan ini, maka dibutuhkan pendalaman yang lebih komprehensif melalui sebuah training. Dan menjadi sebuah kebutuhan akan training provider yang berpengalaman di bidangnya agar tidak membuat peserta menjadi cepat bosan dan jenuh dalam mendalami bidang teknik ini.

Jadwal Pelatihan Casa Training 2022 :

batch 1 : 18 – 19 Januari 2022 | 26 – 27 Januari 2022
batch 2 : 15 – 16 Februari 2022 | 23 – 24 Februari 2022
batch 3 : 8 – 9 Maret 2022 | 23 – 24 Maret 2022
batch 4 : 12 – 13 April 2022 | 26 – 27 April 2022
batch 5 : 18 – 19 Mei 2022 | 24 – 25 Mei 2022
batch 6 : 7 – 8 Juni 2022 | 23 – 24 Juni 2022
batch 7 : 19 – 20 Juli 2022 | 27 – 28 Juli 2022
batch 8 : 10 – 11 Agustus 2022 | 23 – 24 Agustus 2022
batch 9 : 13 – 14 September 2022 | 22 – 23 September 2022
batch 10 : 11 – 12 Oktober 2022 | 26 – 27 Oktober 2022
batch 11 : 9 – 10 November 2022 | 23 – 24 November 2022
batch 12 : 6 – 7 Desember 2022 | 21 – 22 Desember 2022

Lokasi Training Offline atau Online :

1. Yogyakarta

2. Jakarta

3. Bandung

4. Bali

5. Surabaya

6. Lombok

7. Online via Zoom
Catatan : Apabila perusahaan membutuhkan paket in house training, anggaran investasi pelatihan dapat menyesuaikan dengan anggaran perusahaan.

Fasilitas Training Offline atau Online :

Negotiable / by request

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.