TRAINING ONLINE DASAR-DASAR AUDIT BAGI AUDITOR PEMULA

TRAINING ONLINE DASAR-DASAR AUDIT BAGI AUDITOR PEMULA

training

Tujuan Audit Internal

Tugas Internal Auditor

DESKRIPSI TRAINING WEBINAR PENGENALAN INTERNAL AUDIT

Auditing adalah proses kegiatan yang bertujuan untuk meyakinkan tingkat kesesuaian antara suatu kondisi yang menyangkut kegiatan dari suatu entitas dengan kriterianya, dilakukan oleh auditor yang kompeten dan independen dengan mendapatkan dan mengevaluasi bukti-bukti pendukungnya secara sistematis,analitis, kritis, dan selektif, guna memberikan pendapat atau simpulan dan rekomendasi kepada pihak-pihak yang berkepentingan. Perencanaan audit adalah tahap awal dari proses auditing yang sangat menentukan dalam kesuksesan penugasan audit. Rencana audit dimaksudkan supaya menjamin bahwa tujuan dari audit tercapai serta berkualitas, ekonomis, efektif dan efisien. Oleh karena itu tahapan perencanaan audit merupakan tahap yang harus menjadi perhatian yang serius dari auditor. Perencanaan audit bukan merupakan satu bagian audit yang terpisah dari bagian audit lainnya, namun lebih merupakan suatu tahapan yang berkesinambungan dan berulang yang sering dimulai setelah penyelesaian audit periode sebelumnya dan berlanjut sampai penyelesaian audit dalam periode ini. Perencanaan audit mencakup pengembangan rencana menyeluruh untuk merencanakan penerapan audit, serta tahap ini sangat dipengaruhi oleh informasi awal yang diperoleh pada saat pertimbangan penugasan audit. Audit Internal adalah suatu fungsi penilaian independen yang dibuat dalam suatu organisasi dengan tujuan menguji dan mengevaluasi berbagai kegiatan yang dilaksanakan organisasi. Tujuan audit internal adalah untuk membantu manajemen organisasi dalam memberikan pertanggungjawaban yang efektif. Tugas Internal Auditor ialah menguji dan mengevaluasi pelaksanaan pengendalian internal dan sistem manajemen resiko sesuai dengan kebijakan perusahaan. Melakukan pemeriksaan dan penilaian atas efisiensi dan efektivitas di bidang operasional, keuangan, akuntansi, sumber daya manusia dan kegiatan lainnya.

Auditing yang dilaksanakan oleh auditor internal harus mengacu pada standar audit dan kode etik yang ditetapkan oleh Institute of Internal Auditor (IIA) International Professional Practices Framework (IPPF). Materi yang terkait dengan pelaksanaan penugasan audit internal harus mengacu pada:

* Paradigma Baru Peran Internal Audit (New Paradigm Of Internal Audit)

* Pendekatan Audit Berbasiskan Risiko (Risk Based Audit)

* Kemampuan Memahami Dasar-dasar Pengendalian (Basic Control)

* Kemampuan Merancang Pendekatan Audit, Penyusunan Program Kerja dan Membuat Kertas Kerja Audit

* Kemampuan Menyajikan Pelaporan Hasil Audit yang Berbeda dengan Audit Keuangan (Financial Audit)

* Kemampuan Memahami Dasar-dasar Investigasi Fraud (Fraud Auditing)

Dasar-dasar audit merupakan landasan untuk mendapatkan pengetahuan minimum yang harus dimiliki oleh auditor internal sebelum ia terjun dan mendalami penugasan audit pada unit internal audit.

Menimbang cukup kompleknya materi pelatihan Dasar-dasar Audit bagi Auditor Pemula ini bagi peserta, dibutuhkan training provider yang berpengalaman di bidangnya agar tidak membuat peserta tidak menjadi cepat bosan dan jenuh dalam mendalami bidang teknik ini.

TUJUAN TRAINING KONSEP DASAR INTERNAL AUDIT UNTUK PRAKERJA

Dengan mengikuti pelatihan Dasar-dasar Audit bagi Auditor Pemula Peserta dapat berbagi pengetahuan / sharing knowledge mengenai Dasar-dasar Audit bagi Auditor Pemula dengan peserta dari perusahaan lain yang bergerak di bidang Dasar-dasar Audit bagi Auditor Pemula.

MATERI pelatihan Pengenalan Internal Audit online Zoom

* Pengertian Internal Audit, Peran & Tanggung jawab, Tujuan dan Jenis-jenis Penugasan Auditing

* Tahapan & Proses Perencanaan Audit

* Evaluasi Sistem Pengendalian Intern dan Penyusunan Program Kerja Audit

* Simulasi Evaluasi Sistem Pengendalian Intern dan Penyusunan Program Kerja Audit

* Prosedur Pengujian dan Penerapan Teknik-Teknik Audit

* Penyusunan Kertas Kerja Audit

* Pengujian Substantif dan Pengembangan Temuan

* Simulasi Pengujian Substantif Dan Pengembangan Temuan

* Studi Kasus / Praktek pemecahan masalah Dasar-dasar Audit bagi Auditor Pemula

METODE pelatihan Konsep dasar internal audit online Zoom

Metode Training Dasar-dasar Audit bagi Auditor Pemula dapat menggunakan fasilitas training zoom atau training online, dan bisa juga training offline atau training tatap muka.

INSTRUKTUR pelatihan Proses perencanaan audit online Zoom

Instruktur yang mengajar pelatihan Dasar-dasar Audit bagi Auditor Pemula ini adalah instruktur yang berkompeten di bidang Dasar-dasar Audit bagi Auditor Pemula baik dari kalangan akademisi maupun praktisi.

PESERTA

Peserta yang dapat mengikuti training Dasar-dasar Audit bagi Auditor Pemula ini adalah staff sdm atau karyawan yang ingin mendalami bidang Dasar-dasar Audit bagi Auditor Pemula.

Karena kompleksnya pelatihan ini, maka dibutuhkan pendalaman yang lebih komprehensif melalui sebuah training. Dan menjadi sebuah kebutuhan akan training provider yang berpengalaman di bidangnya agar tidak membuat peserta menjadi cepat bosan dan jenuh dalam mendalami bidang teknik ini.

Jadwal Pelatihan Casa Training 2024 :

batch 1 : 24 – 25 Januari 2024
batch 2 : 14 – 15 Februari 2024
batch 3 : 19 – 20 Maret 2024
batch 4 : 24 – 25 April 2024
batch 5 : 14 – 15 Mei 2024
batch 6 : 12 – 13 Juni 2024
batch 7 : 23 – 24 Juli 2024
batch 8 : 20 – 21 Agustus 2024
batch 9 : 11 – 12 September 2024
batch 10 : 8 – 9 Oktober 2024
batch 11 : 19 – 20 November 2024
batch 12 : 5 – 7 Desember 2024

Lokasi Training Offline atau Online :

1. Yogyakarta

2. Jakarta

3. Bandung

4. Bali

5. Surabaya

6. Lombok

7. Online via Zoom
Catatan : Apabila perusahaan membutuhkan paket in house training, anggaran investasi pelatihan dapat menyesuaikan dengan anggaran perusahaan.

Fasilitas Training Offline atau Online :

Negotiable / by request